JIKA ANDA MEMFOLLOW BLOG INI ANDA AKAN BERUNTUNG, TIDAK PERCAYA? BUKTIKAN !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

SAYANGI RAMBUT ANDA


Share
Rawatlah rambut Anda dengan baik (Foto: Google)

BANYAK orang yang rela merogoh koceknya untuk merawat wajah dan kulitnya agar berkilau. Sayangnya, sedikit orang yang memberi perhatian pada rambutnya.

Padahal, kesehatan rambut turut ditentukan dari cara perawatannya. Terlebih lagi rambut tidak lepas dari terpaan sinar matahari. Hal ini diungkapkan penata rambut kenamaan Hollywood Jamal Hammadi.

”Wanita mengoles serum dan pelembap untuk wajahnya dan ketika pergi tidak lupa mengenakan sunblock, kulit pun diberi hand & body lotion, tapi sedikit dari kita yang benar-benar memperhatikan kesehatan rambut,” ujar Jamal dalam acara temu wartawan di The Edge, Kemang, beberapa waktu lalu. Akibatnya, rambut menjadi kusam, kering, dan bercabang di ujungnya maupun mudah patah. Problem ini muncul lantaran seringnya rambut terkena bahan kimia dan paparan sinar matahari secara langsung.

Seperti kulit dan wajah, rambut membutuhkan perawatan intensif agar selalu terjaga kesehatan dan keindahannya. Sangat penting untuk memberi perlindungan sebelum mewarnai, mencatok, ataupun mengeriting rambut.

Menurut Jamal, pemberian pelembap rambut yang ringan sangat cocok untuk membuat rambut sehat dan berkilau. Apalagi untuk iklim tropis dengan kelembapan tinggi seperti di Indonesia. ”Memberikan nutrisi dengan kadar yang pas pada batang rambut dapat membuat rambut berkilau alami,” ujarnya.

Penggunaan shea butter yang mengandung vitamin A dan E untuk merawat rambut kering, menurut Jamal, dapat melindungi rambut dari sinar matahari. Selain shea butter, alpukat, buah beri, dan kacang-kacangan yang banyak mengandung vitamin E dapat membuat rambut tampak berkilau alami.

Jamal mengingatkan, agar kita menghindari penggunaan alat pengeriting rambut dengan suhu tinggi dalam waktu lama. Hal ini lama kelamaan hanya akan merusak rambut. Sebaliknya, Jamal menyarankan untuk menyetel alat tersebut dengan suhu sedang dan rambut dikeriting dengan waktu sebentar. Dengan demikian, rambut tidak akan terlalu terkena panas dari alat tersebut.

”Untuk mendapatkan keriting yang seksi, tidak perlu mengerjakan rambut secara beraturan. Dan, tidak perlu lama mengeritingnya. Untuk menata rambutnya, gunakan jari tangan daripada sisir,” kata Jamal. Dia juga menyarankan untuk menggunakan sikat bergigi jarang ketimbang sisir biasa guna menghindari kerontokan dan kerusakan rambut.

”Memotong rambut secara rutin juga akan menjaga rambut tetap sehat dan berkilau,” tutur Jamal. Potongan rambut sejatinya juga harus disesuaikan dengan bentuk wajah. Bagi yang berwajah panjang, sebaiknya perbanyak layer, sedangkan yang berwajah seperti hati, potongan layer harus dimulai dari bagian mulut ke wajah. Untuk wajah bulat, baiknya potongan rambut tidak terlalu pendek. Potongan rambut yang aman adalah sebahu dengan poni pendek. Beruntunglah bagi yang berwajah oval karena semua gaya rambut cocok untuk bentuk wajah ini.

Selain itu, perlakuan terhadap rambut akan menentukan tekstur rambut sendiri. Semakin kasar perlakuan terhadap rambut, maka kutikel rambut akan semakin rusak.

Perawatan rambut bisa dimulai dari setelah keramas, bilaslah rambut dengan air dingin. Hal ini akan melapisi kutikel rambut dan memberi kelembapan serta mengilaukan rambut.

Untuk mewarnai rambut, pilihlah warna satu tingkat di bawah bola mata. Kini banyak produk pewarnaan rambut yang beredar dengan berbagai pilihan warna. Namun, Jamal mengingatkan, tidak semua pewarna rambut tersebut cocok untuk kulit Asia, khususnya Indonesia.

”Jangan pilih warna terlalu terang, tapi jangan pula terlalu gelap. Sebab, jadinya tidak ada yang berubah dari penampilan jika Anda memilih warna terlalu gelap,” tutur Jamal.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar, semoga artikel yang di berikan bermanfaat bagi sahabat semua (no sara & no porn)